Pertama Kali, Rafflesia Mekar di Cibodas

Bunga Rafflesia mekar di Kebun Raya Cibodas. Kali ini, spesies yang mekar adalah Rafflesia rochussenii, masih merupakan kerabat Rafflesia arnoldi dan Rafflesia patma yang tumbuh di Kebun Raya Bogor.
"Bunga sudah mekar dari hari Jumat kemarin. Diameter bunga 12 cm dan tingginya hanya 4 cm. Memang kecil," ungkap Dr Didik Widyatmoko, Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas, ketika dihubungi Minggu (3/7/12011).
Didik menambahkan, ini merupakan pertama kali Rafflesia bisa mekar di Kebun Raya Cibodas. "Sebelumnya pernah dicoba, tapi baru kali ini berhasil. Kami berhasil menumbuhkan dengan inang Tetrastigma dichotomum," kata Didik.
Rafflesia rochussenii membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mekar. Menurut Didik, spesies itu tidak punya periode mekar, namun keberhasilan mekarnya sangat dipengaruhi kondisi habitat, terutama faktor kelembaban.
"Saat ini, Kebun Raya Cibodas sudah memiliki alat baru untuk pendataan. Dengan alat itu, nanti secara ilmiah bisa tahu pengaruh suhu, kelembaban hingga kecepatan angin pada mekarnya bunga," jelas Didik.
Didik menambahkan, "keberhasilan ini menunjukkan bahwa Rafflesia bisa tumbuh di rentang ketinggian yang lebar. Kebun Raya Bogor ketinggiannya kan 250 dpl sementara di Kebun Raya Cibodas 1300 dpl.
Rafflesia rochusseni yang sedang mekar bisa disaksikan oleh publik. Namun, untuk menjaga agar tak merusak habitat Kebun Raya Cibodas, pengunjung harus dibatasi 10 orang per periode.
Rafflesia arnoldi, Rafflesia patma dan Rafflesia rochussenii terletak pada satu genus. Perbedaan paling mencolok adalah pada ukurannya, di mana Rafflesia rochusseni punya ukuran yang lebih kecil dari spesies lain.
Didik menambahkan, "Rafflesia rochussenii merupakan spesies endemik Jawa Barat, diduga saat ini hanya ditemukan di kawasan hutan Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Salak."
Menurut Didik, spesies ini optimal tumbuh di lantai hutan ketinggian 700 - 1400 dpl. Vegetasi tempat spesies ini tumbuh didominasi oleh tumbuhan suku Fagaceace. Sebelumnya, tumbuhan ini juga pernah ditemukan di Garut, Pelabuhan Ratu dan Bandung Selatan.
sumber: kompas.com

0 Response to "Pertama Kali, Rafflesia Mekar di Cibodas"

Posting Komentar

silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel.
yang tidak boleh ditulis ketika berkomentar
tulisan berbau SARA
SPAMMING
berkata jorok
berpromosi


jika hal tersebut ada dalam komentar anda saya akan langsung menghapusnya
terimakasih atas kunjungannya