Singkirkan Kabel Putus, Satu Tewas Kesetrum


WONOGIRI, suaramerdeka.com - Kasto (50), warga Dusun Banar Lor RT2 RW4 Desa Jeporo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri tewas tersengat listrik, Jumat (27/1). Dia kesetrum saat hendak menyingkirkan kabel PLN yang putus. Kabel tersebut telah putus dan menghalangi jalan menuju sawah, sejak Selasa lalu (23/1).
Camat Jatipurno, Agus Sarmanto mengungkapkan, korban diduga tidak mengira bahwa kabel tersebut masih teraliri listrik. Karenanya, Kasto mencoba memungut dan memegang kabel dengan kedua tangannya. "Kemungkinan, dia mengira kabel itu sudah tidak ada listriknya, sehingga mencoba menyingkirkan kabel agar tidak membahayakan orang lain. Ternyata, kabelnya masih ada listriknya. Akhirnya dia kesetrum," ujarnya.
Saat ditemukan, korban mengalami luka gosong pada pergelangan tangannya. Korban juga sudah diperiksa tim medis yang disaksikan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat. Mereka menyatakan musibah itu murni kecelakaan.
Agus menerangkan, kabel tersebut sudah putus sejak beberapa hari lalu. Kabel itu putus karena tertimpa pohon jati yang roboh. Putusnya kabel itu telah diinformasikan kepada petugas PLN. Namun sampai tiga hari, PLN belum membereskannya. "Kabelnya putus sejak tiga hari lalu (empat hari), sebelum angin ribut melanda Wonogiri. Tetapi baru tadi (kemarin) PLN ke sini," ujarnya.
Terpisah, Kapolres Wonogiri, AKBP Ni Ketut Swastika melalui Kapolsek Jatipurno, Noor Akhmad Kholis mengatakan, tim medis bersama Muspika setempat telah memeriksa korban. Hasilnya, korban meninggal murni karena kecelakaan. Hal itu ditandai dari luka bakar pada pergelangan tangannya. Korban telah diserahkan kepada pihak keluarga dan dimakamkan hari ini.
Sementara dari pantauan Suara Merdeka, bencana angin ribut, Rabu lalu (25/1) menyebabkan aliran listrik pada sejumlah desa di Kecamatan Jatisrono, Bulukerto, dan Slogohimo sempat padam dua hari satu malam. Namun di kota-kota kecamatan, aliran listrik segera pulih setelah dilanda angin ribut.
Bahkan, sejumlah tiang listrik PLN di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri roboh akibat terjangan angin ribut. Selain itu, pohon yang tumbang memutuskan kabel dan merusak suspensi jaringan listrik di daerah tersebut. Para petugas PLN telah terlihat berupaya memperbaiki jaringan listrik yang rusak.

1 Response to "Singkirkan Kabel Putus, Satu Tewas Kesetrum"

silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel.
yang tidak boleh ditulis ketika berkomentar
tulisan berbau SARA
SPAMMING
berkata jorok
berpromosi


jika hal tersebut ada dalam komentar anda saya akan langsung menghapusnya
terimakasih atas kunjungannya