Perang Facebook dan Google+ di 2012

JAKARTA, FAJAR -- Facebook boleh merasa di atas angin. Wajar, sebab penggunanya kini tercatat sekitar 700 juta lebih.

Tapi bukan berarti persaingan ke depan bakal lebih mudah. Google+ yang diharapkan menyainginya memang belum mampu berbicara banyak di 2011 lalu. Namun di 2012, kompetisi keduanya diprediksi akan memanas.

Tak hanya akan berebut pengguna, tahun ini, kedua situs jejaring tersebut diprediksi bakal bersaing memperebutkan kue iklan jutaan dollar. User pun bisa mengharapkan banyak penambahan fitur baru yang disajikan keduanya.

"Ini adalah perjuangan untuk bertahan bagi Facebook dan relevansi untuk Google. Yang terjadi di tahun 2012 akan membuat perbedaan apakah Facebook masih akan ada di akhir dekade dan apakah Google benar-benar relevan di luar mesin cari," sebut Rob Enderle, analis di Enderle Group.

Facebook sendiri berencana menawarkan saham perdana pada paruh pertama 2012. Hal ini bisa membuat Facebook mendapatkan banyak uang dan lebih kuat dalam melawan Google. Namun bisa pula sebaliknya.

"Momen besar adalah penawaran saham perdana Facebook. Google yang lebih terfokus mungkin bisa membahayakan Facebook jika hal itu gagal," kata Patrick Moorhead dari Moor Insights & Strategy.

Google membuat berita besar dengan kemunculan Google+, dengan berbagai fitur mirip Facebook. Namun demikian, harus diakui bahwa Google+ tidak dapat berbuat banyak di 2011.

"Google+ belum membuat banyak kemajuan melawan Facebook tahun 2011, " sebut Dan Olds, analis di Gabriel Consulting Group, dikutip detikINET dari ComputerWorld.

Namun dia memproyeksi Google tidak akan menyerah begitu saja. Kompetisi keduanya diperkirakan akan sangat intens di tahun 2012 seiring kue iklan yang makin besar di situs jejaring sosial.



sumber: fajar.co.id

0 Response to "Perang Facebook dan Google+ di 2012"

Posting Komentar

silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel.
yang tidak boleh ditulis ketika berkomentar
tulisan berbau SARA
SPAMMING
berkata jorok
berpromosi


jika hal tersebut ada dalam komentar anda saya akan langsung menghapusnya
terimakasih atas kunjungannya